Gede Praja Mahardika, Aktivis Lingkungan dan Founder Yayasan Sahabat Bumi Bali

Salah satu kegiatan Yayasan Sahabat Bumi Bali.(Foto: Praja)
Salah satu kegiatan Yayasan Sahabat Bumi Bali.(Foto: Praja)
Ikuti Kami di Google News

Buleleng, Idola 92.6 FM – Sosok satu ini dikenal sebagai aktivis lingkungan di Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Ia juga telah mendirikan sebuah yayasan yang bergerak di bidang lingkungan. Ia pun memobilisasi anak muda untuk ikut ambil dalam upaya menjaga lingkungan alam.

Sosok itu adalah Gede Praja Mahardika (34), aktivis lingkungan dan Founder Yayasan Sahabat Bumi Bali. Yayasan yang dibangun bersama dua orang sahabatnya, Made Agoes Janardana dan Gede Bakti Pratama ini berawal dari komunitas tahun 2006 silam.

Apa yang dilakukan bersama-sama, membuahkan hasil. Pada tahun 2019, Praja dinobatkan sebagai pemuda peduli lingkungan asri dan bersih oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora). Menurut Praja, kegiatannya dipercaya dan didukung Kemenpora. Hingga komunitas ini akhirnya menjadi yayasan yang berbadan hukum.

Gede Praja Mahardika
Gede Praja Mahardika (34), aktivis lingkungan dan Founder Yayasan Sahabat Bumi Bali. (Foto; ig prajamahardika)

“Tujuan bersarnya adalah masyarakat kembali mengelola lingkungannya, bersahabat dengan lingkungan,”tutur Praja yang saat ini juga bekerja di Dinas PUPR Kabupaten Buleleng kepada radio Idola, pagi (15/08) tadi.

Dari sini, kegiatannya makin beragam. Termasuk masyarakat yang membuka lahan, membuat rumah, ketika minta ijin ke Dinas PUPR, mereka harus membuat lubang resapan biopori. “Permasalahan yang kita hadapi ke depan tidak hanya sampah, tapi juga dengan air,”tambah Praja yang juga sebagai health promotor of public health dan trainer Gea Ecobrick.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Gede Praja Mahardika, aktivis lingkungan dan Founder Yayasan Sahabat Bumi Bali. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: