Depresi Anak Terjadi Karena Kurang Terbukanya Ruang Komunikasi Dengan Orang Tua

Ema Rachmawati
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jateng Ema Rachmawati saat memberi wejangan kepada siswa SMAN 6 Semarang.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Sebuah penelitian yang dilakukan di rumah sakit jiwa (RSJ) di Jawa Tengah menyebut, banyak di antara siswa atau siswi jenjang SMA sederajat mengalami gejala gangguan mental.

Indikasinya dengan gangguan tidur, rasa mual ketika makan atau rasa cemas berlebihan.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan dari gejala gangguan mental itu, terkadang ujungnya adalah terjadi tindak kekerasan terhadap anak. Hal itu dikatakan di sela kegiatan Forum Anak Goes To School 2024 di SMAN 6 Semarang, pekan kemarin.

Menurutnya, salah satu faktor pendukungnya adalah komunikasi anak dengan orang tua kurang terbuka dan terjalin baik.

Selama ini, gap atau celah komunikasi antargenerasi menyebabkan anak mencari pelarian kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Saya mengajak orang tua belajar berkomunikasi dengan Generasi Z. Menjadi teman yang baik, jangan men-judge (menghakimi), namun bisa diajak sebagai teman ngobrol,” kata Ema.

Ema menjelaskan, pihak sekolah juga harus mampu mewujudkan tempat yang nyaman bagi siswa.

Bukan hanya untuk belajar, namun juga tempat dengan orang-orang yang mampu menghargai dan mengembangkan potensi setiap siswa.

“Sehingga harus disediakan ruang curhat, kalau tidak dengan orang tua, bisa dengan sekolah. Kami pemerintah juga menyediakan aplikasi ‘Jogo Konco’ yang bisa on call. Atau bisa juga ke RSJ Amino Gondohutomo, yang juga menyediakan 24 jam, bisa curhat tentang apa saja,” jelasnya.

Diketahui, Pemprov Jateng menyediakan kanal curhat online via website https://dp3akb.jatengprov.go.id/jogokonco/ .

Atau Layanan Konsultasi Online Psikologi dan Psikiatri 24 jam atau KOPPi 24, yang dapat dijangkau melalui nomor 0821 3000 3400.

Ada pula KOPI 93 (Konsultasi Online Psikologi pukul 09.00-15.00) dengan obrolan pesan di nomor 082137580805. (Bud)

Artikel sebelumnyaGelorakan Semangat Cinta Olahraga, Hotel Dafam Ajak Masyarakat Fun Run Antar Geng
Artikel selanjutnyaAhmad Luthfi Sandang Bintang 3 di Pundak, Pindah Tugas ke Kemendag