Cerita Haru Pelaku UMK Yang Ikut UMK Academy 2024 Pertamina RJBT

Pelaku UMK sedang mendemonstrasikan merangkai kerajinan berupa hampers.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM – Sebanyak 133 UMK yang ada di wilayah Jawa Tengah-Yogyakarta mengikuti UMK Academy 2024, yang diselenggarakan Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah

Kegiatan tersebut dimulai kick off pada awal Juni 2024, dan ditutup dengan diskusi serta konsultasi usaha melalui daring akhir Juli 2024.

UMK Academy 2024 Jateng-DIY berlangsung delapan kali yang diisi dengan pelatihan dan pendampingan berbasis pada empat kurikulum pengembangan utama.

Yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.

Pemilik UMK Global Agro Jaya asal Kabupaten Wonosobo Danang mengaku senang berterima kasih, dengan adanya UMK Academy dari Pertamina.

“Saya berterima kasih kepada Pertamina untuk meng-upgrade skill yang ada di UMKM yang sebelumnya belum kita miliki menjadi kita lebih maju dan semangat untuk menghadapi pasar bebas,” kata Danang.

Pemilik usaha Fashionable is you dari Sleman, Eny Salima juga mengaku terbantu dengan adanya materi dari Pertamina Patra Niaga.

“Selama delapan kali pelatihan dari UMK Academy 2024 ini benar-benar me-refresh ilmu-ilmu yang pernah kami terima. Mengingatkan visi misi dan mengingatkan lagi bagaimana kita berstrategi,” ucap Eny.

Terpisah, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Brasto Galih Nugroho mengatakan kegiatan UMK Academy juga melibatkan RU 6 Cilacap dan Rumah BUMN selain dari Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah.

Dari 133 peserta yang merupakan pelaku UMK tersebut, diharapkan para peserta bisa masuk ke UMK Academy tingkat nasional.

“UMK Academy tahun ini berbeda tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya itu hanya untuk mitra binaan Pertamina, tapi kalau tahun ini khusus untuk mitra binaan dan umum. Jadi terbuka buat siapa saja, karena kalau dulu dari Pertamina menyalurkan sendiri untuk dana kemitraan,” kata Brasto.

Lebih lanjut Brasto menjelaskan, peserta UMK Academy yang disasar hanya untuk usaha mikro.

“Bagi peserta UMK Academy yang tidak lolos ke tingkat nasional, masih tetap bisa berkomunikasi dengan Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah,” ujar Brasto. (Bud)