Bersih-bersih Pantai Mangunharjo, PLN Kumpulkan 1 Ton Sampah

Kawasan Pantai Mangunharjo Semarang
Sejumlah pegawai PLN memungut sampah yang ada di kawasan Pantai Mangunharjo Semarang.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Group Jawa Tengah menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Mangunharjo Semarang, kemarin.

Dalam waktu dua jam saja, mampu terkumpul sampah sebanyak satu ton.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah-Yogyakarta Mochamad Soffin Hadi mengatakan kegiatan tersebut menjadi bagian dari program Green Employee Involvement, dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

Menurutnya, hal tersebut juga merupakan wujud komitmen PLN terhadap implementasi prinsip Environmental, Social and Governance (ESG).

Soffin menjelaskan, program PLN Green Employee Involvement merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) PLN di bidang lingkungan.

Melalui program tersebut, PLN berkomitmen mewujudkan langkah nyata dengan terjun langsung di masyarakat dalam aksi bersih pantai.

Harapannya, dapat memberikan pengaruh serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

“Alhamdulilah kegiatan hari ini berhasil membersihkan sampah di Pantai Mangunharjo. Selama dua jam pembersihan, partisipan mengumpulkan total 937,4 kilogram sampah di sekitar kawasan pantai, yang terdiri dari 479 kilogram sampah residu dan 335,4 kilogram sampah organik serta 105 kilogram sampah non organik. Tugas PLN bukan hanya memberikan pasokan listrik yang andal dan berkualitas ke masyarakat, tetapi juga ikut serta memastikan kelestarian lingkungan,” kata Soffin.

Lebih lanjut Soffin menjelaskan, Green Employee Involvement adalah wadah yang diinisiasi untuk meningkatkan jiwa kepedulian pegawai PLN agar terlibat secara aktif sebagai relawan dalam program peduli lingkungan.

Dengan bersih-bersih di Pantai Mangunharjo, dapat menginspirasi warga sekitar dan pengunjung untuk lebih sadar kebersihan terutama wilayah pantai yang rawan tercemar sampah mikroplastik.

Diketahui aksi bersih oantai melibatkan 337 orang dari berbagai unsur meliputi pegawai PLN UID Jateng-DIY, PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Semarang, Haleyora Power Area Semarang, pengelola pantai, warga Kelurahan Mangunharjo dan Mangkang Kulon. (Bud)