Asyik, Borobudur Marathon Kembali Digelar Hadiahnya Rp2,6 Miliar

Borobudur Marathon
Pj Gubernur Nana Sudjana (dua dari kiri) usai peluncuran Borobudur Marathon 2024 di Kota Semarang.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Borobudur Marathon kembali digelar, dengan memperebutkan hadiah senilai Rp2,6 miliar.

Tema Borobudur Marathon 2024 adalah “Run on, Mark it”, yang mengajak seluruh pecinta olahraga lari menembus batas dan menunjukkan determinasi.

Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengatakan tema “Run on, Mark it” dikandung maksud, untuk mengajak seluruh pecinta olahraga lari bersama menembus batas, karena Borobudur Marathon dianggap sebagai ‘Lebaran’-nya para pelari. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Radjawali Semarang Cultural Center Semarang, belum lama ini.

Nana menjelaskan, Borobudur Marathon akan dilaksanakan pada 1 Desember 2024 mendatang di Borobudur Kabupaten Magelang.

Event sport tourism yang menjadi andalan Jateng ini, rencananya akan diikuti 10 ribu pelari baik domestik maupun mancanegara.

“Ada empat kategori yang dipertandingkan sama seperti tahun kemarin. Yaitu maraton, half maraton, 10K dan young talent. Hadiah yang diperebutkan kurang lebih Rp2,6 miliar. Kami harapkan juga antusiasme masyarakat semakin meningkat,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, event tahunan ini dinilai selalu menyedot antusias puluhan ribu masyarakat.

Borobudur Marathon memberikan banyak dampak positif bagi tumbuhnya perekonomian di Kabupaten Magelang dan sekitarnya di antaranya tingginya tingkat hunian kamar hotel, diserbunya produksi UMKM dan padatnya tempat-tempat kuliner.

“Kami melaksanakan kolaborasi dengan baik, dan terus kami koordinasikan dengan stakeholder lain, khususnya dengan Bank Jateng, Kompas, Yayasan Borobudur dan juga stakeholder yang lain. Kita harapkan pertumbuhan ekonomi dan wisata di Jateng ini akan terangkat,” pungkasnya. (Bud)