Apa yang Menjadi Problem Manajemen Talenta di Indonesia?

ilustrasi
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92.6 FM – Indonesia sebagai negara berpenghasilan menengah atauย middle income country mempunyai ancaman kekurangan talenta yang mumpuniuntuk keluar dariย middle income trap.

Bank Dunia dalam laporan:ย ‘The World Development Report 2024: The Middle Income Trap’ย mengungkapkan bahwa kurangnya โ€˜pelestarian talentaโ€™ akan menghambat pengembangan bakat dan juga membuang bakat yang ada.

Bagi negara berpenghasilan menengah, talenta yang baik menjadi hal yang krusial dibandingkan dengan negara berpenghasilan rendah karena di negara berpenghasilan menengah, pekerja terampil semakin menjadi kunci dalam transformasi ekonomi, struktural, dan teknologi.

Lantas, ย apa yang menjadi problem manajemen talenta di Indonesia? Bagaimana para pemangku kepentingan dalam menjamin berlangsungnyaย cultivasiย (penguatan/ pengembangan) talent-talent hebat?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, berdiskusi dengan narasumber: Yanuar Nugroho,PhD (Akademisi/Dosen STF Driyarkara dan Anggota Kehormatan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI)) dan Totok Amin Soefijanto, Ed.D (Pengamat Pendidikan Universitas Paramadina Jakarta).ย (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: