982 Orang Ikuti Tes CAT PPS Pilkada 2024

Peserta Mengikuti Test PPS
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang melakukan tes Computer Assisted TEST (CAT) untuk Panitia Pemungutan Suara. Ada sebanyak 982 orang yang mengikuti (PPS) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan pelaksanaan tes tersebut berlangsung selama dua hari, yakni mulai Jumat (17/5) hingga Sabtu (18/5) di Gedung Utama (GU) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS).

“Tes CAT PPS ini untuk persiapan pemilihan gubernur, wakil gubernur serta wali kota dan wakil wali kota tahun 2024. Tesnya dilaksanakan hari ini dan besok. Satu harinya ada empat sesi,” jelasnya.

Dari 982 peserta, nantinya akan diseleksi menjadi 531 PPS yang akan tersebar di 177 Kelurahan yang ada di Kota Semarang. Nanda menjelaskan jika dalam tes tersebut, pihaknya bekerja sama dengan UPGRIS terkait fasilitas untuk penunjang tes CAT PPS Pilkada 2024.

“Jumlah peserta 982 untuk memperebutkan 531 kursi di 177 kelurahan. Kita juga bekerja sama dengan Upgris untuk memfasilitasi terkait dengan tes komputer. Ada lima lab yang dipakai dan 150 komputer yang dipakai,” paparnya.

Sejauh ini, Nanda menyatakan sampai saat ini tes masih berjalan dengan lancar, kondusif dan tidak ada trouble selama tes CAT berlangsung. Setelah peserta mengikuti tes CAT PPS, nanti akan dilanjutkan tahapan tes wawancara yang bakal digelar selama 3 hari pada pekan depan.

“Sampai sekarang ini berjalan dengan baik. Alhamdulillah lancar dan situasinya kondusif. Dan ruangannya cukup dingin. Dan saya kira tidak ada trouble yang berarti. Setelah itu akan delegasikan PPK yang terbentuk untuk verifikasi dan wawancara terkait rekam jejak dan tanggapan masyarakat calon yang sudah mendaftar sebagai PPS di 177 kelurahan,” bebernya.

Sementara itu, salah satu peserta yang mengikuti tes CAT PPS, Rizqi Nur Angellina (22), warga Wonotingal Kecamatan Candisari mengaku tertarik untuk melanjutkan kembali untuk menjadi PPS. Karena sebelumnya dirinya juga sudah pernah menjadi PPS Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kemarin.

“Saya ini melanjutkan kemarin pada Pilpres. Jadi saya mendaftar lagi untuk PPS PIlkada 2024,” ujar Rizqi sesuai melaksanakan tes CAT PPS.

Dia juga mengaku soal-soal tes CAT PPS Pilkada tahun ini terbilang susah-susah gampang. Materi tes berkaitan dengan kewarganegaraan, pengetahuan umum hingga undang-undang Pilkada. Namun, dirinya bisa menyelesaikan semua dari soal tes CAT Pilkada yang diberikan waktu mengerjakan selama 1 jam 30 menit.

“Enggak yang susah dan enggak yang mudah banget (soal-soal tes). Harapannya bisa kembali menjadi PPS di kelurahan saya sendiri. Dan mengikuti prosesi selanjutnya,” pungkasnya. (wid)