Wah Mantap! Bandara Ahmad Yani Layani 1,3 Juta Penumpang di Semester Pertama 2023

Fajar Purwawidada
Fajar Purwawidada, GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat, sebanyak 1.223.090 orang penumpang yang dilayani selama periode Januari-Juli 2023 atau di semester pertama 2023.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 38 persen, bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya hanya 883.139 orang penumpang.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Fajar Purwawidada mengatakan jumlah pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan sebesar 34 persen, dengan jumlah pergerakan sebesar 10.456 pesawat pada periode Januari-Juli 2023. Hal itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Menurut Fajar, bila dibandingkan dengan periode sebelumnya maka pergerakan pesawat hanya mencapai 7.804 pesawat saja.

Sedangkan jumlah pergerakan kargo ikut mengalami peningkatan sebesar 63 persen, dengan total pergerakan 5.707.096 kilogram.

Bila dibandingkan tahun sebelumnya, maka pergerakan kargo hanya 3.496.332 kilogram.

“Kami bersyukur pada periode Januari hingga Juli 2023 ini telah terjadi tren peningkatan pergerakan baik penumpang, pesawat maupun kargo. Selain itu bandara juga telah melayani penerbangan umrah dengan rute Semarang-Madinah pada tanggal 1 dan 8 Agustus lalu. Dan untuk kedatangan umrah dengan rute Jeddah-Semarang, akan dilaksanakan pada tanggal 12 dan 19 Agustus nanti,” kata Fajar.

Lebih lanjut Fajar menjelaskan, manajemen Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Termasuk, bekerja sama dengan seluruh stakehokder agar pelayanan dapat diberikan secara optimal dan tren positif pergerakan trafik dapat terus terjadi.

“Kami terus berupaya untuk menghadirkan beragam tenant di bandara dengan membuka lebih banyak peluang kerja sama dengan berbagai pihak, sehingga kawasan bandara dapat terus berkembang dan dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi pengguna jasa,” pungkasnya. (Bud)