Top! Optimisme Konsumen Jateng Masih Kuat

Ndari Surjaningsih
Ndari Surjaningsih, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM – Kuatnya optimisme Konsumen Jawa Tengah terhadap perekonomian provinsi ini, tecermin dari hasil survei konsumen pada September 2023 kemarin.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng menyebut, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 132,40 dan masih berada pada level optimis (indeks>100).

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan perkembangan optimisme terhadap perekonomian provinsi ini, sejalan dengan hasil survei konsumen secara nasional. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, Senin (16/10).

Menurut Ndari, optimisme Konsumen terjadi di seluruh lokasi survei di Jateng.

Yakni di Kota Semarang, Solo, Purwokerto dan Tegal.

Ndari menjelaskan, masih kuatnya persepsi positif konsumen terhadap ekonomi Jateng ditopang indikator saat ini dan ekspektasi ke depan.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat 120,24 yang didukung indikator penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja serta konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama.

Sedangkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) berada di level 144,56 dipandang masih kuat yang didukung komponen ekspektasi penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha.

“Kondisi keuangan konsumen mendukung optimisme terhadap perekonomian Jawa Tengah. Seperti rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi. Kemudian rata-rata rasio pembayaran cicilan atau utang, dan pangsa pendapatan konsumen yang disimpan mengindikasikan tingkat konsumsi masyarakat yang tetap terjaga,” kata Ndari.

Lebih lanjut Ndari menjelaskan, enam bulan ke depan masyarakat masih merespon positif dan ekonomi Jateng dipandang cukup kuat.

Hal itu didukung komponen ekspektasi penghasilan, ketersediaan lapangan kerja dan kegiatan usaha. (Bud)