Kalangan Pengembang Perumahan Sambut Baik Pembebasan PPN Pembelian Rumah Rp.2 Miliar

Pameran property Semarang expo ke-6 8-12 November 2023 di Mall Paragon Semarang
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Radio Idola 92,6 FM – Kalangan pengembang perumahan menyambut baik renacan pemerintah untuk membebaskan pajak penambahan nilai (PPN) untuk perumahan dengan rentang harga kurang dari Rp.2 miliar.

Wakil Ketua REI Jateng Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Dibya K Hidayat mengatakan, pembebasan PPN pembelian rumah ini akan mendorong penjualan perumahan yang menurun di akhir tahun ini.

“pengalaman saat insentif seperti di era pandemic kemarin sangat membantu penjualan perumahan,” Ungkapnya di sela pembukaan property expo Semarang ke-6 di Mall Paragon Semarang, kamis (9/11)

Menurut Dibya, dengan meningkatnya penjualan maka akan berimbsa pada sector lainnya, sehingga dapat memberikan efek pada roda perekonomian.

“Perumahan ini kita tahu membawa gerbong mulai dari penjualan material hingga kebutuhan rumah tangga. Sehingga efeknya akan sangat besar bagi perekonomian,” ujar Dibya

Dibya yang juga merupakan ketua property expo Semarang ini menyatakan, idealnya kebijakan ini berlaku setidaknya enam bulan untuk memberikan efek besar bagi property. Untuk itu ia berharap pemerintah segera mengeluarkan petunjuk tekhnis untuk penerapan kebijakan ini.

“Pemerintah pasti punya ukuran berapa lama ini diterapkan. Walaupun dengan pembebasan PPN perumahan,  tapi pemerintah tetap bisa mendapatkan pajak dari transaksi lainnya yang juga berhubungan dengan perumahan,” ungkap Dibya

Sementara itu terait dengan tahapan pemilu yang sedang berjalan saat ini Dibya mengatakan tidak akan banyak berpengaruh pada minat masyarakat untuk mendapatkan hunian. Hal ini karena perumahan merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi.

“ya pemilu seperti biasa kan kita sudah melalui lima kali pemilu dan biasa saja. Mau ada pemilu atau tidak , kalua orang butuh rumah ya tetap beli,” ujarnya

Sementara itu pameran property Semarang expo ke-6 yang berlangsung mulai 8-19 November 2023 ini diikuti oleh tujuh pengembang dan dua stake holder. Ketujuh pengembang itu antara lain BCB City, BSB Village, Paramaount land,  Citra Grand, Citraland BSB City, dan Griya lestari.