Dekranasda Jateng Gerakkan Sektor Ekonomi Lewat Produk Halal

Shinta Nana Sudjana
Penjabat Ketua Dekranasda Jateng Shinta Nana Sudjana saat menunjukkan salah satu kerajinan yang ada di Galeri Halal.
Ikuti Kami di Google News

Semarang, Idola 92,6 FM-Galeri Halal Jawa Tengah yang berada di Gedung Dekranasda dan Pramuka, akan menjadi lokasi rujukan bagi para penyuka makanan halal maupun kerajinan halal

Beragam produk unggulan halal tersedia mulai dari produk kain batik, fesyen siap pakai sampai kudapan beraneka rupa.

Penjabat Ketua Dekranasda Jateng Shinta Nana Sudjana mengatakan Galeri Halal memuat produk dari 125 UMKM, yang berasal dari 35 kabupaten/kota di provinsi ini. Hal itu dikatakan di sela pembukaan Galeri Halal, kemarin.

Shinta menjelaskan, ruang pamer dan belanja itu terwujud berkat dukungan Bank Jateng Syariah dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) serta Dekranasda dan Pemprov Jateng.

Menurut Shinta, selain memasarkan produk UMKM di tempat tersebut juga melayani konsultasi produk halal.

Dengan layanan tersebut, pengusaha ataupun UMKM semakin antusias menyambut wisata halal yang dicanangkan Pemprov Jateng.

“Dari jumlah UMKM tersebut, terdapat 252 jenis dengan 877 produk yang dapat dibeli masyarakat. Ayo kunjungi Galeri Halal Jawa Tengah di Gedung Despra. Banyak produk unggulan yang halal di sini, mulai pakaian, makanan, tas dan sebagainya,” kata Shinta.

Lebih lanjut Shinta menjelaskan, Galeri Halal diharapkan menjadi destinasi bagi aparatur sipil negara (ASN) ataupun wisatawan yang tengah berada di Kota Semarang.

Untuk mewujudkannya, Pemprov Jateng bekerja sama dengan biro travel dan pelaku wisata untuk turut mempromosikan tempat tersebut.

“Produk-produk itu juga bisa dijumpai di gerai Dekranasda yang ada di Yogyakarta International Airport dan yang ada di Bandara Ahmad Yani. Selain itu, diharapkan ada di Gerai UMKM Center yang ada di Srondol,” pungkasnya. (Bud)